Ini Dia Jenis Dari Masker Anti Polusi Serta Fungsi Nya

Kualitas udara yang makin jelek di kota-kota besar membuat pemakaian masker anti polusi jadi keperluan setiap hari buat beberapa orang. Serta ada yang menggunakan masker respirator serta elektrik! Berdasar data dari AirVisual, kualitas udara di sejumlah kota besar Indonesia termasuk kelompok “tidak sehat”, seperti di Jakarta, Tangerang Selatan, serta Palembang. Tapi apa peranan masker betul-betul cukup sudah untuk mencegah polusi di kota besar?



Dalam artikel ini akan diulas tentang beberapa jenis masker anti polusi, peranan masker, serta langkah pemakaian masker yang benar. Akan diterangkan apa sebetulnya masker respirator itu serta apa itu diperlukan untuk mencegah polusi udara. Pertama kali silahkan kita baca apapun beberapa jenis masker yang umum digunakan.

Jenis-Jenis Masker serta Manfaatnya

Sekarang di market terdapat beberapa tipe serta mode masker yang diklaim memiliki beberapa peranan serta pemakaian yang praktis. Sebab begitu beberapa pilihan, kita kemungkinan bingung pilih mana yang sebetulnya bagus untuk mencegah polusi udara.

Tentang pilih tipe masker yang pas untuk anti polusi, seorang dokter pakar paru di RS Kampus Indonesia, dr. Gatut Priyonugroho, Sp.P menjelaskan, “Jenis masker apapun dapat digunakan seandainya sesuai dengan potensi serta tidak dilepas-lepas. Pilih masker sebetulnya seperti dengan pilih alat kontrasepsi. Saling efisien, tetapi masker yang pas untuk orang lain belum pasti pas untuk diri kita.”

Di samping jangan dilepas-lepas, dr. Gatut merekomendasikan supaya kita tetap mengubah masker. Pemakaian masker jangan lebih dari 24 jam, serta kita tak perlu menanti sampai maskernya basah atau rusak. Masker yang telah kelamaan dipakai tidak memiliki peranan yang optimal untuk anti-polusi.

Lantas, apapun beberapa jenis masker anti polusi yang berada di market? Berikut tiga tipe masker yang paling terkenal dipakai oleh warga di kota-kota besar.

Masker Respirator ( Masker N95 )

Masker N95 ialah masker yang tentu mempunyai peranan N95 hingga dapat menyaring minimal 95% dari partikel-partikel kecil di udara, seperti debu, serbuk sari, serta bakteri. Masker respirator ialah yang seringkali disarankan oleh ahli kesehatan untuk mencegah polusi. Masker repirator seringkali digunakan oleh beberapa anggota team penyelamat waktu musibah serta oleh beberapa pekerja pabrik.

Pemakaian masker respirator tidak senyaman masker bedah sebab benar-benar kuat melekat ke muka. Dalam tempo kurang dari 1/2 jam saja pemakaian masker respirator telah mulai berasa tidak nyaman, khususnya sebab rasa panas serta desakan yang kuat di bagian hidung.

Walau pemakaian masker respirator kemungkinan kurang nyaman dibanding masker bedah, tetapi peranan anti polusi yang dipunyainya lebih baik. Sebab memiliki potensi N95, masker ini dapat menyaring debu-debu halus walau keadaan jalanan sedang padat.

Masker Bedah

Pemakaian masker bedah benar-benar terkenal, khususnya oleh pemakai ojek online, karena harga murah, mudah didapatkan, serta praktis dipakai. Masker bedah memiliki beberapa susunan memiliki bahan serat serta relatif tipis. Pemakaian masker bedah cukup nyaman digunakan untuk waktu lama sebab berbahan mudah serta tidak erat melekat ke muka.

Walau pemakaiannya gampang, tetapi masker bedah memiliki kekurangan. Masker ini dipasang cukup dengan karet elastis yang mudah tergeser-geser serta kurang kuat dalam tempelkan masker ke muka hingga masih ada udara yang keluar-masuk dari sela itu.

Kekurangan yang lain, masker bedah jarang-jarang yang mempunyai peranan N95. N95 ialah peranan masker untuk menyaring minimal 95% dari partikel-partikel benar-benar kecil seperti debu, serbuk sari, bakteri, serta partikel-partikel kecil yang lain di udara.

Umumnya masker bedah cuma berperan untuk menghalangi penebaran penyakit melalui udara, bukan untuk menyaring udara. Karenanya jadi anti polusi, potensi masker bedah tidak sebagus masker respirator yang mempunyai peranan N95 yang spesial untuk menyaring udara.

Post a Comment

0 Comments