Seberapa Efektif Masker Kain Anda? 5 Tips Menguji dan Memilih Masker Kain

Virus SARS-Cov-2 atau lebih dikenal dengan virus Corona ditularkan melalui sekresi ketika seseorang berbicara, batuk, atau bersin. Pada temuan terakhir, virus Corona diduga mampu bertahan di udara sesaat. Di ruang tertutup, virus dapat bertahan lebih lama. Masker menjadi sangat penting digunakan, terutama yang efektif dalam mencegah sekresi tersebut menular pada orang lain, terutama melalui mulut dan hidung. Masker yang efektif dapat diperoleh di toko jual masker kain yang tepat.

Virus Corona berukuran 0,8 mikrometer sedangkan rongga kain terkecil berukuran antara 0,1 hingga 1 milimeter. Masker kain tidak sepenuhnya menghalau virus Corona. Tetapi, masker kain dapat membantu mempersempit penyebaran yang lebih luas dari percikan sekresi. Oleh karena itu dibutuhkan masker dengan bahan kain yang efektif menekan sebaran tersebut.

Menguji dan Memilih Masker Kain

Ada baiknya Anda juga menguji masker kain tersebut apakah efektif dalam menghalau udara dari mulut. Berikut adalah tips menguji dan memilih masker kain agar dapat memberikan perlindungan maksimal pada Anda:

  1. Pakai masker, lalu tiup lilin atau api pada korek

Cara sederhana menguji masker kain adalah dengan meniup lilin atau dengan meniup api pada korek. Pengujian ini adalah cara yang mudah dan murah, serta dapat dilakukan siapa saja.  Untuk menguji masker, nyalakanlah lilin dan kemudian kenakan masker Anda dengan benar. Setelah itu, tiuplah lilin dari jarak yang dekat.

 

Masker kain yang baik tidak akan menggoyahkan api pada lilin atau menyebabkan api padam. Masker kain yang rapat tetapi tetap memudahkan bernafas akan membantu menghalangi percikan sekresi keluar ataupun masuk.

 

Bandingkanlah masker-masker kain yang sering Anda gunakan dalam ujian meniup lilin ini. Akan lebih baik apabila Anda memiliki bahan masker kain yang berbeda-beda.

 

  1. Hindari memilih masker kain yang menggoyahkan api

Apabila ada masker kain yang dapat menggoyahkan api pada lilin, maka sudah saatnya Anda menanggalkan masker tersebut. Ini menandakan masker Anda sudah tipis dan tidak efektif untuk digunakan. Carilah masker dengan kualitas terbaik pada toko jual masker kain yang terpercaya.

 

  1. Perhatikan tingkat kerapatan masker

Pilihlah masker dengan kerapatan yang baik. Semakin rapat bahan kain, maka semakin baik pula kualitas masker tersebut. Namun, perhatikan pula aliran udara pada masker kain yang Anda pilih karena hal ini berkaitan dengan kemudahan bernapas.

 

  1. Jangan pilih kain berongga besar, kecuali ada lapisan dalamnya

Tidak semua bahan kain dapat digunakan untuk membuat masker yang efektif. Bahan kain yang berongga besar seperti brokat tentu bukan bahan yang tepat digunakan untuk masker, kecuali apabila ada pelapis di dalamnya.

 

Kain lain yang tidak dapat digunakan untuk masker dalam mencegah Covid-19 adalah kain rajut. Rongga kain ini besar serta benang yang tebal justru akan membuat Anda sulit untuk bernapas. Oleh karena itu, pemilihan bahan kain sangat penting ketika Anda membeli masker.

 

  1. Kain anti air, ringan dan tebal

Kain yang memiliki teknologi anti air menjadi kain yang banyak dicari. Selain itu, kain yang ringan tetapi cukup tebal dan kuat serta mudah untuk bernapas juga menjadi pilihan utama.

Memilih bahan kain yang berkualitas pada masker kain merupakan hal yang penting. Kualitas kain dari masker akan mempengaruhi kesehatan Anda di masa depan. Jika hal ini diabaikan, maka resiko terpapar percikan sekresi yang mengandung virus Corona akan semakin besar.

Pengguna masker juga dapat melindungi orang lain apabila si pengguna termasuk orang tanpa gejala yang menjadi carrier atau pembawa virus. Oleh sebab itu, dalam memilih masker kain harus pula melihat toko jual masker kain yang berkualitas.

Post a Comment

0 Comments